Langsung ke konten utama

PENGENALAN DESAIN GRAFIS DAN ANIMASI


·        Definisi Desain Grafis & Animasi
Ø Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup ( bergerak ).
dengan kata lain kita menghidupan gambar dengan cara merangkainya secara teratur, sehingga gambar itu seakan-akan hidup
Ø Menurut Jessica Helfand : merupakan kombinasi komplek kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen ini sehingga sesuatu yang khusus, mengejutkan atau sesuatu yang mudah diingat.
Ø Menurut Suyanto: aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri.
Ø Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis terapan yang memberi kebebasan pada desainer untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan di komunikasikan sebagai sebuah pesan.

·        Definisi dari Pixel, Resolusi, Garis, Kurva, Hue

Ø Pengertian Dari Pixel - Picture Element 

ØPixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuahgambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa InggrisPicture Element  yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesincetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.
Monitor atau layar datar yang sering kita temui terdiri dari ribuan pixel yang terbagidalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah pixel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024x768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 pixel. Semakin tinggi jumlah pixel yang tersedia dalam monitor, semakin tajamgambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.
Ø Resolusi adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah titik atau pixel yang digunakan untuk menampilkan suatu gambar. Resolusi yang semakin tinggi berarti semakin banyak pixel yang digunakan untuk menyusun suatu gambar & sehingga gambar dapat menjadi lebih jelas dan tajam.
Ø Garis (Line) Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poindengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung(curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
Ø Kurva atau disebut juga dengan lengkungan adalah bentuk geometri satu dimensi yang dapat terletak pada bidang atau ruang.
Ø Hue, adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama darisuatu warna, seperti merah, biru, hijau dsb.


·        Contoh Software untuk Membuat Desain Grafis dan Animasi
o   Kategori Desain Grafis
Ø Printing = buku, majalah, poster
Ø Web Desain = halaman web
Ø Fil = cd, dvd, video klip, cd multimedia
Ø Identifikasi (logo), EGD
Ø Desain Produk

o   Aplikasi Pengolah Tata Letak
Ø Adobe FrameMaker
Ø Adobe In design
Ø Adobe page maker
Ø Corel Ventura

o   Aplikasi Pengolah Vektor
Ø Adobe ilustrator
Ø Beneba canvas
Ø CorelDraw
Ø Macromedia Freenhand

o   Aplikasi Pengolahan Pixel
Ø Adobe Photoshop
Ø Corel photo paint
Ø Macromedia Xres
Ø Metacreations painter
Ø Metacreation live picture
Ø Micrografix picture publisher
Ø Microsoft photo editor

o   Aplikasi Pengolah Video
Ø Adobe after effect
Ø Adobe primiere
Ø Power director
Ø Show Biz DVD
Ø Ulead video studio
Ø Pinnacle studio plus

o   Aplikasi Pengolah Multimedia
Ø Macromedia director
Ø Macromedia flash
Ø Multimedia builder






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kasus COBIT

Sejarah Cobit Cobit merupakan sebuah framework yang dikembangkan oleh ISACA ( Information Systems Audit and Control Association ). Berikut perjalan waktu perkembangan Cobit : 1.     1996 : ISACA (Information Systems Audit and Control Association ) merilis sebuah rangkaian alat pengendalian objektif untuk aplikasi bisnis, yaitu COBIT 1.0. 2.     1998 : COBIT 2.0 rilis yang dilengkapi dengan rangkaian alat implementasi dan pengendalian objektif level tinggi yang detail. 3.     2000 : COBIT 3.0 dirilis dengan menyertakan panduan bagi manajemen. 4.     2002 : Sarbanes – Oxley Act ditetapkan sebagai peraturan atau hukum foderal Amerika yang memberikan dampak pada meningkatnya penggunaan COBIT di Amerika. 5.     2003 : Muncul versi online dari COBIT. 6.     2005 : COBIT 4.0 rilis 7.     2007 : COBIT 4.1 rilis 8.     2012 : COBIT 5.0 rilis, merupakan integrasi dari COBIT 4.1, Val IT 2.0 dan Risk IT frameworks, dan juga menghilangkan secara signifikan terkait bisnis model

Heuristik (Heuristic Search)

Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namum dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness). Fungsi heuristik digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual dan menentukan seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan. Jenis-jenis Heuristic Searching: – Generate and Test. – Hill Climbing. – Best First Search. – Means-EndAnlysis, Constraint Satisfaction, dll. 1). PEMBANGKITAN dan PENGUJIAN (Generate and Test) Metode ini merupakan penggabungan antara depth-first search dengan pelacakan mundur (backtracking), yaitu bergerak ke belakang menuju pada suatu keadaan awal. Algoritma  : 1. Bangkitkan suatu kemungkinan solusi (membangkitkan suatu tititk tertentu atau lintasan tertentu dari keadaan awal). 2. Uji untuk melihat apakah node tersebut benar-benar merupakan solusinya dengan cara membandingkan node terebut atau node akhir dari suatu lintasan yang

Sistem Pakar

APA ITU SISTEM PAKAR ? Sistem pakar adalah salah satu cabang dari AI yang membuat penggunaan secara luas  knowledge  yang khusus untuk penyelesaian masalah tingkat manusia yang pakar. Seorang pakar adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu, yaitu pakar yang mempunyai  knowledge  atau kemampuan khusus yang orang lain tidak mengetahui atau mampu dalam bidang yang dimilikinya. Ketika sistem pakar dikembangkan pertama kali sekitar tahun 70-an system pakar hanya berisi  knowledge  yang eksklusif. Namun demikian sekarang ini istilah sistem pakar sudah digunakan untuk berbagai macam system yang menggunakan teknologi sistem pakar itu. Teknologi sistem pakar ini meliputi Bahasa sistem pakar, program dan perangkat keras yang dirancang untuk membantu pengembangan dan pembuatan sistem pakar. Sistem Pakar biasa disebut  Expert System  merupakan suatu pengembangan dari Decision Support Systems (DSS), yang memiliki fungsi sebagai konsultan. Sistem pakar merupakan salah satu